You are here: Home Legenda Olahraga Naseem Hamed

Naseem Hamed

E-mail Print PDF

SHEFFIELD – Kemungkinan besar, nyentriknya gaya Naseem Hamed sebelum masuk ring maupun sudah di atas ring, takkan lupa dari ingatan para penikmat tinju dunia. Tapi sayangnya, belum ada lagi petinju yang tampil menghibur seperti dirinya dewasa ini.

Bukannya merasa bosan dengan sejumlah pertarungan dari para petinju yang ada sekarang, tapi keunikan Prince Naz – julukan Hamed yang amat menarik hati itu, bisa menjadi daya pikat tersendiri, bahkan bagi sejumlah insan manusia yang sedianya tak menggemari dunia tinju.

Daya pikat tersendiri dari Hamed selalu mengundang decak kagum dan tepukan hangat ketika Hamed mendatangi ring dengan menggunakan karpet terbang, mengendarai Chevy Impala, dengan sebuah elevator (lift), dengan diusung di alat tandu bagaikan raja-raja Timur Tengah, mengenakan topeng Halloween atau menirukan video terpopuler ‘Thriller’ milik Michael Jackson, lengkap dengan Moonwalk yang tersohor.

Dan yang terakhir, tentu lonjakan front flip di jerat yang membatasi ring. Jangankan para fans tinju, sang empunya gaya nyentrik itu pun – Naseem Hamed begitu merindukan aksi-aksi menghibur jelang ketat dan tegangnya pertarungan yang akan terjadi di antara dua petarung.

 

NASEEM Hamed, kendati sudah ternoda rekornya yang tak terkalahkan dari 36 kali (3l KO), penggila tinju dunia masih mengharapkan petinju eksentrik ini bisa come back dan berkibar lagi. Mantan juara dunia kelas bulu WBO (World Boxing Organization/ Organisasi Tinju Dunia) 1995 - 2000, IBF 1997 dan WBC 1999, dinilai masih mempunyai potensi menyambar juara dunia lagi.

Menyebut Naseem Hamed, orang tak bisa melupakan gaya bertarungnya yang tiada duanya di jagad raya ini, kocak namun ganas. Hampir di setiap penampilannya selalu diwarnai atraksi tinju yang menarik, membuat penonton membanjiri stadion. Hamed bisa bertarung dengan berbagai gaya boxer, fighter maupun slugger, didukung body moving (gerakan tubuh), footwork (langkah kaki) lincah dan ritmis.

Pukulannya? Jangan ditanya kecepatannya. Ia mampu melepaskan pukulan dari berbagai sudut, cepat, akurat dan mematikan. Nyalinya terbilang besar, di mana ia sering membuka pertahanan atasnya sekedar memancing lawan infight. Begitu lawannya mendekat, maka berhambuanrlah jab, straight, hook dan upper cut-nya dari segala penjuru.

Celana loreng gombyor, selalu bergerak ke segala sudut dan bersalto di udara merupakan ciri khas penampilan Hamed yang selalu ditunggu pecandu.

Sebelumnya, petinju kelahiran Sheffield (Inggris) 12 Februari 1974 berdarah Arab (Yaman) hanya terkenal di Eropa. Kemenangan demi kemenangan dirangkainya di daratan Eropa. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, jika ingin ngetop dan ingin menjadi petinju terbaik dunia, ya bersainglah di AS sebagai kiblat tinju dunia.

Namanya kian berkibar, setelah memberanikan diri bertempur di AS 1997. Kevin Kelley (mantan juara dunia WBC) menjadi korban KO perdana keganasannya, Hamed sempat terbanting di ronde awal, namun balik mampu meng-KO Kelley di ronde ke-4.

Kemudian sederet lawan kuat dan top dihancurkannya, seperti Wayne Coolough (mantan raja WBC), Cesar Soto (mantan juara IBF) dan Vuyani Bungu (mantan juara dunia IBF). Augie Sanchez (mantan juara WBO) juga digebuk KO di ronde ke-4. Ia pun terikat kontrak duel dengan teve kabel top HBO 14 juta dolar AS (Rp 112 miliar) untuk 7 kali duel. Artinya di setiap duelnya ia dihargai cukup mahal 2 juta dolar AS (Rp 16 miliar).

Marco Antonio Barrera

Namun sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya toh jatuh juga. Hamed yang mendapatkan bayaran termahal 6 juta dolar AS (Rp 48 miliar) melawan Marco Antonio Barrera, bintang ring Meksiko yang punya rekor maut 54 menang (39 KO)-3-0. Dalam duel seru di Las Vegas 7 April 2001, Hamed kalah angka mutlak. Hamed yang biasa tampil cantik, cepat dan keras, seperti mati kutu menghadapi Barrera yang kali ini tampil sebagai counter fighter. Hamed tak sabar dan sangat bernafsu meng-KO lawan dengan sekali pukulan mematikan, menjadi bumerang baginya. Counter punch Barrera, lebih cepat mendarat, akurat dan keras.

Hamed kalah dalam bermain api (playing with fire) dengan Barrera. Seolah langit runtuh, soalnya sederet kontrak duel dengan sederet petinju top pun ikut berantakan. Padahal sebelumnya ia telah 15 kali mempertahankan gelar WBO, dengan 11 kali dirampungkan dengan KO.

Hamed bertarung tidak dalam kondisi puncak kala itu. Ia hanya sebulan ditangani pelatih top Emanuel Steward. Banyaknya campur tangan keluarganya terutama kakaknya (Riath) yang bertindak sebagai manajer memecat pelatih lama Breden Ingle menjadi salah satu faktor kekalahan Hamed. Kehadiran pelatih baru Oscar Suarez pun tak banyak menolong Hamed, bahkan memperetak hubungan Hamed dengan Steward.

Oleh karena itu jika Hamed ingin berkibar lagi di persaingan elit kelas bulu, ia harus kembali ke didikan pelatih lamanya Brenden Ingle. Hubungannya dengan Ingle berakhir Desember 1998. Sejak itu, penampilan Hamed terus merosot, jarang memetik kemenangan KO lagi. Bahkan harus kalah dari Barrera.

http://www.legendaolahraga.com

AddThis Social Bookmark Button
 

Berita Terbaru

left direction
Iniesta ,  UEFA Best Player in Europe Award 2012
http://www.legendaolahraga.com MONACO - Andres I...
Real Madrid Meraih Supercopa 2012
http://www.legendaolahraga.com MADRID - Real Mad...
Chelsea juara di Liga Champions 2012
Munich - Kemenangan dramatis Che...
Biografi David Beckham
Terlahir Dengan nama David Robert Joseph Beckham...
Naseem Hamed
SHEFFIELD – Kemungkinan besar, nyentriknya gay...
Tiger Woods
Tiger Woods (lahir terlahir dengan nama Eldrick ...
 GM Utut Adianto
Pria yang mendapat julukan ‘anak ajaib’ dan ...
 Alan Budikusuma
Alan Budikusuma WiratamaInformasi pribadiAlan Budi...
Susi Susanti Legenda Bulu Tangkis Indonesia
Lucia Francisca Susi Susanti (Hanzi: 王蓮香, ...
Manny Pacquiao
http://www.legendaolahraga.com Emmanuel Dapidran...
right direction

Topik Pilihan

Selamat datang di www.legendaolahraga.com

Selamat datang di www.legendaolahraga.com

www.legendaolahraga.com Situs yang berisi informasi seputar dunia olahraga,sport,atlet,legenda olahraga,info skor,berita olahraga,liga olahraga dll

Biografi David Beckham

Biografi David Beckham

Terlahir Dengan nama David Robert Joseph Beckham (lahir di Leytonstone, London, 2 Mei 1975; umur 34 tahun) adalah seorang pesepak bola Inggris yang sejak 1 Juli 2007 memperkuat LA Galaxy di Major League Soccer di Amerika Serikat. Sebelumnya ia pernah bermain di Manchester United dan Real Madrid. Ia memulai karir sepak bolanya di akademi sepak bola milik Manchester United. Beckham mahir dalam umpan silang dan tendangan bebas melengkung. Istrinya adalah Victoria Beckham, mantan personil grup musik Spice Girls.

More:

Iniesta , UEFA Best Player in Europe Award 2012

Iniesta ,  UEFA Best Player in Europe Award 2012

http://www.legendaolahraga.com MONACO - Andres Iniesta akhirnya terpilih sebagai pemain terbaik Eropa tahun ini. Gelandang Barcelona ini sukses menyisihkan dua kandidat utama Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya Lionel Messi.

Pengumuman pemenang trofi UEFA Best Player in Europe Award diumumkan otoritas tertinggi sepakbola Eropa di sela-sela pengundian babak penyisihan grup Liga Champions 2012-2013 di Monaco, Kamis (30/8/2012) petang waktu setempat.

More:

Hot News

AddThis

AddThis Social Bookmark Button

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Pesan Admin

 

Untuk sahabat LegendaOlahraga,apabila anda suka situs ini jangan lupa Share artikel-artikel kami ke media sosial  ya!

ttd.Hartono Benny Hidayat

 

ITPFacebookLikeBox